Ini Dia, Yang Membuat Gagal Dalam Bisnis Online

kegagalan di blog, tweeter, facebook, dan bisnis online lainnya
Hallo semua. Pada kesempatan kali ini saya sekedar mau sharing atau berbagi tentang dunia online, terutama bisnis – bisnis yang dijalankan secara online. Pertanyaannya adalah “ kenapa bisnis online?”. Seperti yang sudah banyak kita ketahui, bisnis online sekarang sudah menjamur kemana-mana. Dan sangat banyak sekali macam atau jenis dari bisnis online ini. 



Beberapa contoh bisnis online yang ada :

1.       Dagang Online

Metode yang satu ini merupakan yang sekarang juga banyak dilakukan para pebisnis online. Selain karena sederhana, mungkin di nilai bisa menghemat biaya operasional untuk promosi produk atau barang dagangan yang akan dijual nantinya.

2.       Program affliate/afliasi

Cara yang satu ini mirip dengan dagang online. Bedanya, afliasi ini kita akan mendapatkan komisi jika orang membeli sebuah produk dari link afliasi milik kita. Kalau boleh dibilang, sistemnya mirip dengan makelar. Hee.. Contoh program afliasi antara lain : clickbank, lazada, agoda, dll

3.       Program ppc (pay per click)

Sistem ppc ini juga banyak digemari para pebisnis online. Cara kerjanya adalah kita akan mendapatkan bayaran atau komisi jika ada orang yang meng-klik iklan yang terpasang di website kita. Contoh ppc diantaranya : google adsense, infolink, kliksaya, dll.

Dan sebenarnya masih banyak lagi bisnis online yang sekarang sudah tersedia. Sisanya bisa dicari sendiri ya masbro :v . Namun yang ingin saya bahas disini bukan detail cara mendapatkan uang dari bisnis online yang tersebut di atas maupun yang belum tersebut. Tetapi lebih pada hal, apa saja sih yang membuat kita gagal dalam menjalankan bisnis online kita? Padahal kalau kita lihat, banyak sekali orang-orang yang sukses dalam bisnis online ini, yang mana awalnya mereka benar-benar nol besar dalam dunia digital ini.  Pertanyaan selanjutnya “kenapa mereka berhasil, sedangkan kita gagal?” Silahkan dijawab dengan jujur, pertanyaan-pertanyaan di atas pasti pernah muncul di hati dan pikiran kita. Setelah beberapa waktu lamanya berpikir dan memperhatikan dan mengalaminya sendiri, ada beberapa hal yang membuat kita gagal dalam berbisnis online. Dan beberapa diantaranya sangatlah sepele namun berakibat sangat fatal. Apa sajakah hal itu? Ini dia ...

Hal-hal yang membuat gagal dalam berbisnis online

1.       Mencari Cara Yang Instant.

Banyak orang yang ingin berhasil dalam bisnis online ini. Namun tidak sedikit dari mereka yang memilih cara-cara yang cepat atau instant dalam meraihnya. Hasilnya, yang diperoleh justru kebalikannya, bukannya untung tetapi malah buntung. Biar lebih jelas, kita simak percakapan di bawah ini.
A : masbro, mau tanya nih, boleh?
B: boleh
A: nyari duit di internet pake cara apa?
B: kalau saya lewat PPC,  jadi publisher google adsense
A: gimana tuh masbro caranya?
B: sederhana saja koq mas. Pertama-tama belajar buat blog/website dulu. Truz belajar nulis artikel untuk ngisi blog/website kita tadi.
A: oh gitu masbro. Truz setelah itu apalagi nih?
B: nah kalo sudah bisa, lanjut belajar gimana caranya biar blog/website kita banyak yang mengunjungi
A: ooohhhh, begitu to caranya. Itu perlu waktu berapa lama masbro?
B: ya..kalo belajar dari awal sih butuh waktu sekitar 4 sampai 6 bulanan mas untuk sampai menghasilkan. Itu juga biasanya tidak yang langsung banyak, tapi sedikit demi sedikit naiknya.
A: waaaaaahhhh.. ternyata lam juga ya. Saya kira bisa cepet masbro. Malam ini belajar, besok siang dah ketiban duitnya
B: hahahaha...ya ga lah mas. Kita lahir ke dunia aja butuh nyangkut diperut ibu aja 9 bulan mas kalo normal. :D
A: Kalo cara dapat duit yang cepet kira-kira ada g ya masbro?
B: Sudah pasti ada mas
A: wah, gimana tuh masbro caranya? Kasih tau donk
B: Cara cepetnya ngerampok bos-bos tuyul aja mas :D
Dari obrolan di atas dapat kita tarik kesimpulan, bahwa orang tersebut mempunyai pola berpikir yang sangat sempit. Dan sudah dapat dipastikan, orang dengan pola pikir seperti itu, tidak akan berhasil dalam bisnis online atau bisnis offline. Kenapa seperti itu? Karena dia hanya berpikir secara pendek saja, tidak ada perhitungan yang matang dalam menjalankan bisnisnya. Padahal sudah sama-sama kita tau, bahwa keberhasilan itu tidak didapatkan karena adanya kemudahan-kemudahan, tetapi hasil dari perjuangan, dan berani menghadapi cobaan-cobaan.

2.       Modal sekecil-kecilnya, untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya

Masih ingat dengan kata-kata di atas? Tepat sekali!! Itu adalah bunyi dari prinsip ekonomi yang pernah diajarkan kepada kita semua (termasuk saya juga. Hee). Prinsip tersebut merupakan racun yang banyak merambati otak para pebisnis online. Sebagai contoh gini :
Ada orang yang ingin berrhasil dari bisnis online. Ketika disarankan menggunakan kartu internet yang kecepatannya bagus supaya pekerjaannya dapat berjalan dengan lancar. Tetapi dijawab :”wah saya tidak punya modal untuk belinya”. Padahal HP nya Iphone atau yang sekelasnya. Pas ditanya, ga ada modal koq HP nya mahal gitu? Jawabannya “ buat gaya-gayaan donk mas”
Selesai sudah tuh semua urusan kalau hidup Cuma mikirin gaya. Kalau pakai rumus fisika sangat cocok orang kayak gitu dengan hukum Pascal. Dimana Pressure/tekanan selalu berbanding lurus dengan Force/gaya. Jadi kalau hidupmu terasa banyak TEKANAN, berarti kamu kebanyakan GAYA. Hahahahaha... :D
Mari kita rubah prinsip bisnis kita menjadi “Dengan modal  yang cukup, usahakan untuk dapat keuntungan yang optimal”. Kalau beneran ga punya modal gimana nih masbro? Jangan khawatir masbro, selalu ada jalan menuju ROMA (bisa di Indomart, alfamart,atau warung terdekat). Hahaha...memangnya biskuit :D . Ada bebrapa trik yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan modal dalam bisnis, seperti :
a.       Cari partner bisnis atau orang yang mau menanam modal untuk bisnis yang kita jalankan. Bikin proposal dan tawarkan pada orang lain. Memang awalnya tidaklah mudah mencari penanam modal, namun jika usaha kita sudah mulai terlihat hasilnya, orang justru akan mencari kita untuk menanamkan modal untuk bisnis yang kita jalankan. Contohnya apa masbro? Google, facebook, dll.
b.      Menjual barang-barang yang tidak tepat guna. Sangat banyak orang-orang yang bicara dan mengeluh tidak punya modal untuk bisnisnya. Tetapi punya HP seharga 2 jutaan ke atas, motornya seharga 10 jutaan ke atas. Nah coba kita pikir-pikir lagi, apa alasan tidak punya modal bisa masuk akal dan bisa kita terima? Jadi gimana donk masbro? Jual saja barang-barang tadi, kemudian ganti dengan harga yang lebih murah (yang penting fungsi utamanya sama). Dan sisa uang yang kita peroleh tadi, dapat kita pakai untuk menjalankan bisnis yang kita jalani.
c.       Dan masih banyak lagi cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan modal dalam berbisnis.

Wah ternyata panjang juga nih ceritanya, padahal belum selasai bahasannya. Tapi saya tutup dulu deh pembahasannya, meski masih ada beberapa hal lagi yang menyebabkan kita gagal dalam bisnis online. Namun kalau saya teruskan lagi, nanti malah terlalu panjang dan jadi males bacanya. Jadi untuk kelanjutan tulisan ini bisa kalian baca di “hal yang membuat gagal dalam bisnis online (bagian kedua)”. Sekian dulu masbro ceritanya. Terimakasih

0 Response to "Ini Dia, Yang Membuat Gagal Dalam Bisnis Online"

Post a Comment

wdcfawqafwef