Ini Dia, Yang Membuat Gagal Dalam Bisnis Online (bagian 2)

Selamat siang para infogadgete. Mumpung udara siang ini terasa sejuk setelah diguyur hujan, jadi saya putuskan untuk nongkrong di depan PC buat berbagi di blog mungil ini sembari mengelola bisnis online yang ada. Tulisan kali ini masih melanjutkan curhatan saya kemarin yang belum selesai tentang hal apa saja yang membuat gagal dalam bisnis Online. pada bagian 1 kemarin sudah ada 2 hal yang sudah jadi curhatan saya kenapa sih kita bisa gagal dalam bisnis online? Nah selanjutnya, memang dalam bisnis offline maupun online, perlu ketekunan dan keuletan yang ekstra, mengingat perkembangan dunia online begitu cepat pergerakannya. OK..tidak usah berlama-lama lagi, kita lanjutkan saja curhatan saya kemarin, yaitu Hal-hal Yang Membuat Gagal Dalam Bisnis Online. Ini dia..
kegagalan dalam bisnis online

Hal - hal yang membuat gagal dalam bisnis online

Sebab selanjutnya yang membuat kita gagal dalam bisnis online adalah:

  • Gagal Fokus

Ternyata nih infogadgete, dalam bisnis online juga terdapat sindrom gagal fokus dan saling panas-panasan seperti hal nya yang sering kita lihat di komplek-komplek perumahan elit. Dimana ketika tetangga rumah beli kulkas, kita jadi latah pengen beli kulkas juga. Tetangga beli mobil, eh latah lagi minta beliin mobil. dan ternyata hal seperti itu juga terjadi di dunia online dan bisnis onoline ini. Masak sih masbro, hal seperti itu bisa terjadi di dunia online? ga percaya? Contohnya seperti ini. Pada saat sedang menjalankan bisnis online kita, misalkan saja kita sedang mencoba belajar jadi publisher adsense via youtube. Nah tiba-tiba di forum-forum dan sosmed banyak yang lagi bisnis toko online, dimana disetiap status orang-orang disertai gambar-gambar hasil dari bisnis toko onlinenya. Padahal kita tidak tahu itu gambar miliknya sendiri atau hasil googling atau main inspect elemen aja (hee..). Dan akhirnya, hal tersebut membuat kita jadi gagal fokus sehingga membuat kita ikut-ikutan membuat toko online dan meninggalkan bisnis online yang sebelumnya sudah kita kerjakan karena gelap mata melihat hasil uang yang diperoleh para pebisnis online yang lain. 
Sebenarnya boleh dan sah saja kita punya sifat iri juga, tapi iri disini dalam arti yang positif lho masbro. Iri koq positif, gimana ceritanya tuh? Yang misalkan iri-nya seperti ini, wah orang itu bisa sukses di bisnis youtube, saya juga pasti bisa sukses juga. Jadi iri yang menimbulkan motivasi dalam diri kita agar bisa berbuat dan bekerja dengan lebih baik lagi.


  • Pura-pura Sibuk

  1. Curhat di sosmed (fb, tweeter, instagram, path, dll) sibuk mikir kata-kata yang indah untuk diposting atau sibuk selfie buat dipajang di sosmed-sosmed yang ada.
  2. Mantengin sosmed orang lain dan sibuk membalas atau berkomentar di sosmed orang
  3. nongkrong di forum-forum online atau grup sosmed, sibuk download materi dan tools yang dibagikan gratis (tapi cuma buat dikoleksi, mennuh-menuhi harddisk, tetapi ga pernah dipraktekkan)
  4. sudah siap dengan rencana-rencana yang akan dikerjakan dalam bisnis online, tapi ujung-ujungnya malah nonton youtube dan main game
  5. dan masih banyak lagi (dilihat diri sendiri aja yah) kalau ada yang kurang, silahkan tulis di komentar hahahaha...

Nah... virus akut yang inilah yang paling sering saya temui pada diri pebisnis online, terutama bagi para newbie/nubi atau apalah itu sebutannya. Karena saya juga pernah mengalami hal ini juga hahahaha.. Pura-pura sibuk apa nih masbro maksudnya? Sangat sering saya temui, orang yang baru terjun didunia online yang mengharapkan punya bisnis online yang berpendapatan besar, tetapi begitu ditanya sudah sampai mana mengelola bisnis onlinenya? Jawabannya adalah wah saya ga sempat dan ga punya banyak waktu untuk ini itu. Saya sedang sibuk ini itu, dan lain sebagainya. Padahal kerjaanya kira-kira seperti di bawah ini ..
Dari hal-hal di atas, akan membuang waktu kita dengan percuma. Membuat diri kita dalam posisi malas dan akhirnya mengesampingkan bisnis online yang sedang kita jalankan.

  • Anunya tidak sekuat gairahnya
Awas nih, jangan ngeres gitu baca judul di atas. Kalau ngeres disapu dulu biar gangeres pikirannya. hee.. Ini virus akut kedua yang sering saya temui sebab gagalnya dalam bisnis online. Ya! pada awalnya begitu semangat dalam menjalankan bisnis online yang baru dikenalnya. Bahkan ada yang langsung tancap gas masuk gigi 4 untuk awalnya. Tapi ketika ditengah perjalanan dihadapkan cobaan dan tembok yang tinggi, akhirnya hilang sudah semangat di awal tadi. kalau kata dokter boyke orang tersebut mengidap ejakulasi dini. :v Padahal sudah berapa banyak kata bijak yang kita baca atau kita dengar, "Keteguhan hati tidak dibentuk dari kemudahan, tapi terbentuk dari banyaknya cobaan dan air mata". 

  • Sering menunda-nunda pekerjaan
Hal ini juga kerap kali saya temui dari para pebisnis online. Seringkali kita menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya bisa kita selesaikan hari ini. Akibatnya, malah pekerjaan tidak jadi dipegang dan terbengkalai begitu saja. Selain itu juga, banyak ketakutan-ketakutan yang sudah muncul di pikiran kita, padahal dikerjakan saja juga belum. "Nanti berhasil tidak ya?" "kalau seperti ini gimana, kalau seperti itu gimana" jadi sudah kalah sebelum perang. Hal-hal seperti itu juga harus kita singkirkan dari pikiran kita. Bagi yang muslim atau beragama islam mungkin juga sudah paham dalil ini "ALLAH itu bersama persangkaan kita". Jadi kalau mau berprasangka, yang baik-baik saja sekalian.

  • Sombong
Sikap yang satu ini harus kita jauhkan benar-benar dari diri kita. Banyak pebisnis online yang tadinya sudah mapan dan sukses tetapi hancur dengan seketika akibat sifat sombong. KArena merasa dirinya sudah berpengalaman, sudah mastahdan lain sebagainya, akhirnya tidak mau belajar lagi dan merasa dirinya yang paling benar. Serta tidak mau pula berbagi ilmu untuk para pemula dalam bisnis online.

OKE...panjang juga kan curhatannya? g kalah panjang pokoknya sama bagian satu kemarin. Jadi kira-kira seperti itu pemirsa hal-hal yang membuat gagal dalam bisnis online yang pernah saya temui. Jadi dari beberapa hal di atas mungkin masih ada banyak lagi yang mengakibatkan kita bisa gagal dalam bisnis online. Tulisan ini sekedar buat mengingatkan diri saya juga dalam perjalanan bisnis online dan offline dari awal hingga saat ini. Dan mungkin jika hal - hal di atas bisa bermanfaat buat pembaca blog mungil ini, saya akan merasa sangat senang sekali. Oh iya, mohon maaf jika ada tulisan-tulisan say yang kurang berkenan, karena sebagian obrolan yang terjadi, saya ambil dari pengalaman sendiri. Sekian dan Terimakasih.

0 Response to "Ini Dia, Yang Membuat Gagal Dalam Bisnis Online (bagian 2)"

Post a Comment

wdcfawqafwef