Mengenal Lebih Dalam ASUS GX700, Laptop Pertama Di Dunia Dengan Water-Cooling Sistem

Asus GX700 merupakan sala satu laptop game yang telah diperkenalkan pada pameran dagang IFA. Namun laptop game yang satu ini banyak berubah daripada saat pertama kali diperkenalkan. Bukan tentang hardware atau sejenisnya, atau apapun yang banyak orang bicarakan. Tentu saja GX700 dapat di overclock, dengan CPU Quad-core Skylake Core i7-6820HK, didukung Nvidia GeForce GTX 980, panel G-Sync, dan RAM DDR4 64GB. Namun yang membuat GX700 ini menjadi berbeda bukan karena itu semua, tetapi karena laptop ini memakai water-cooling. Dan ASUS menerangkan rincian cara kerja water-cooling ini.

Asus GX700 deep-dive: Here's what's inside the world's first water-cooled gaming laptop

Cara Kerja water-cooling

Jika anda pernah melihat GX700, water-cooling tidak benar-benar portable. Dan ASUS juga tahu benar itu, maka dari itu water-cooling datang dengan sistem undocked. Yang jadi pertanyaa, bagaimana perusahaan ini berhasil membuatnya?
Dock itu sendiri berisi semua komponen cairan pendingin. Terdapat dua buah radiator sebesar 90mm dan kipas dibagian bawah, dan juga pompa serta tangki penampung cairan. Dock water cooling dapat dihubungkan ke laptop dengan cepat. Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Here’s a close up of the power and liquid inlets on the GX700



Untuk menggabungkan dengan laptop, kita cukup dengan menggeser dan mendorong kebagian pengunci.

The GX700 is, of course, a Republic of Gamer laptop


ASUS juga mengantisipasi akan pemeliharaan dibeberapa titik`seperti: air yang mungkin menetes keluar, ataupun cairan yang lama kelamaan makin habis. Namun laptop GX700 akan memberitahukan kita jika isi cairan pada tangki terlalu sedikit. Dan ketika cairan di dalam tangki semakin sedikit, kita tidak dapat mengisi dengan sendirinya. Tetapi kita harus mengirimkan dock tersebut ke perusahaan untuk di service. Tetapi jangan khawatir, laptop GX700 ini masih dapat bekerja dengan baik meskipun tanpa menggunakan dock water-cooling.

Apa yang ada di dalam GX700?

Pada GX700 terdapat pipa konvensional sebagai pendingin di dalam laptop. Dimana cairan hanya akan melewati pipa pendingin dari dock ke dalam sistem GX700. Jika seperti itu, maka pendingin pada laptop tidak akan bekerja tanpa adanya dock. Maka dari itu ASUS menggunakan sistem hybrid dengan fitur dua buah pipa untuk melayani GPU dan CPU serta beberapa terminal lainnya yang dapat membantu sistem pada water-cooling menghisap panas sebanyak mungkin ketika menggunakan dock. Berikut ini dapat kita lihat bagaimana di dalam GX700, cairan tidak masuk dan bercampur dengan pipa panas. Dan juga sedikit memberi gambaran bagaimana radiator tersusun di dock.

Here’s the reservoir for the dock, which Asus said will eventually need maintenance



Namun untuk masalah harga dan ketersediaan GX700, ASUS belum membeberkannya di publik. Tetapi GX700 dengan sistem water-cooling ini akan sangat disenangi bagi para penggemar game. Bagaimana para gamers, apakah tertarik untuk terus mengikuti perkembangan laptop yang satu ini?

Tags: Asus, GX700, Asus GX700, water-cooling, gamers, laptop gamers, republic of gamers

0 Response to "Mengenal Lebih Dalam ASUS GX700, Laptop Pertama Di Dunia Dengan Water-Cooling Sistem"

Post a Comment

wdcfawqafwef